RadarMalang

Wow, Ibu Hamil di Kota Batu Dapat Jatah Rp 5 M

  • Redaktur:
  • Sabtu, 17 Desember 2016 | 08:37
  • / 17 Rabiul Uula 1438
  • Dibaca : 2149 kali
Wow, Ibu Hamil di Kota Batu Dapat Jatah  Rp 5 M

KOTA BATU – Wali Kota Batu Eddy Rumpoko menepati janjinya untuk menggratiskan biaya persalinan dan akta kelahiran anak bagi ibu hamil (bumil) tahun depan. Salah satu buktinya, disahkannya anggaran ini pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2017, Rabu (14/12) malam.

Bahkan, nominalnya juga lebih besar daripada yang disampaikan wali kota yang akrab disapa ER itu, di beberapa kesempatan sebelumnya. Ya, rencana awal anggaran tersebut hanya Rp 3 miliar, tapi akhirnya ditambah Rp 2 miliar. Sehingga, jumlahnya mencapai Rp 5 miliar. Subsidi ini memang yang dibutuhkan dan diinginkan warga Batu,” kata ER saat dikonfirmasi, Jumat (16/12/2016).

Untuk diketahui, ER beberapa kali menyampaikan bahwa tahun 2017 bumil di Batu digratiskan biaya persalinan dan akta kelahiran anak. Anggaran itu diambilkan dari APBD sebesar Rp 3 miliar. Salah satu alasannya, agar kesehatan bumil dan anaknya bisa lebih baik lagi. Sedang, jumlah kelahiran anak di Kota Batu mencapai 1.200 bayi per bulan atau 144.000 bayi per tahun. Data ini didasari pada jumlah pengurusan akta kelahiran anak di tahun 2016.

ER menambahkan, anggaran tersebut memang lebih besar dibandingkan yang sudah disampaikan ER sebelumnya. Tapi, jumlah ini sudah dihitung sesuai kebutuhan lapangan. Setelah dianalisis (dinas kependudukan dan catatan sipil, Red), kebutuhannya seperti itu (Rp 5 M),” tambah politikus PDIP ini.

Menurutnya, dana tersebut akan dialokasikan untuk gizi bumil, persalinan, perawatan ibu dan anak, hingga akta kelahiran. Sehingga, para bumil tidak perlu lagi memikirkan biaya persalinan. Semua jadi tanggung jawab pemerintah kota (pemkot),” terang wali kota dua periode ini. (zya/c4/im)

Foto Terbaru

  • ©2016 RadarMalang

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional