Tim Cyber Polres Malang Ini Siap Tangkal Berita Hoax

  • Redaktur:
  • Kamis, 12 Januari 2017 | 11:54
  • / 13 Rabiul Akhir 1438
  • Dibaca : 81 kali
Tim Cyber Polres Malang Ini Siap Tangkal Berita Hoax

KEPANJEN – Makin maraknya media sosial (medsos) yang menebar berita hoax alias palsu, kian diseriusi aparat kepolisian. Bahkan, korps berseragam cokelat ini telah membentuk tim cyber untuk menelusuri pembuat berita palsu yang meresahkan masyarakat.

Hal itu ditegaskan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur (Kapolda Jatim) Irjen Polisi Machfud Arifin saat berkunjung ke Polres Malang, kemarin (11/1). Tim yang telah dibentuk tersebut akan melakukan patroli cyber hoax di dunia maya. ”Patroli tersebut sebagai pengejawantahan instruksi Kapolri Jendral Tito Karnavian,” terang Machfud Arifin.

Orang nomor satu di Polda Jatim menjelaskan, saat ini memang ada pihak-pihak yang sengaja berusaha memecah keutuhan bangsa dengan menyebar berita bohong. Oleh karena itu, mantan Kapolda Maluku Utara ini menegaskan, bakal memburu para pelaku penyebar isu palsu  lewat medsos. Jika memang pemberitaan hoax terbukti melanggar aturan, pelakunya akan ditangkap. ”Saya mengimbau agar masyarakat tidak gampang menyebarkan isu-isu yang cepat beredar di medsos. Di antaranya, Facebook, Whatsapp, BBM, dan lainnya ,” tambahnya.

Sebaliknya, Arifin yang juga mantan Kapolda Kalimantan Selatan itu mengapresiasi dedikasi anggota polri yang menjalankan tugasnya dengan baik dan beritanya viral di medsos.  Hal itu seperti yang dicontohkan Bripka Arifin, anggota Polres Malang, dan Bripka Seladi, anggota Polres Malang Kota yang menginspirasi anggota lainnya. ”Karena ini juga menjadi bagian dari program promoter (profesional, modern, dan tepercaya) yang diusung kapolri saat personel bertugas di lapangan,” bebernya.

Sementara itu, Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung menyatakan, pihaknya telah membetuk cyber untuk memantau pemberitaan hoax yang viral belakangan ini. Prinsipnya, kata Ujung, tugas utama tim cyber untuk menangkal peluang berita-berita hoax yang mengarah pada tindak pidana. ”Tim cyber troops ini sudah melakukan eksplorasi di medsos,” tandasnya. (jaf/c3/nay)

 

 

 

Foto Terbaru

  • ©2016 RadarMalang

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional