RadarMalang

Kuatkan Peran MUI, Pemkot Suntik Rp 800 Juta

  • Redaktur:
  • Jumat, 25 November 2016 | 00:10
  • / 24 Safar 1438
  • Dibaca : 97 kali
Kuatkan Peran MUI, Pemkot Suntik Rp 800 Juta

MALANG KOTA – Kucuran dana hibah dari Pemkot Malang untuk Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Malang meningkat drastis, dari Rp 300 juta menjadi Rp 800 juta. Penambahan itu untuk menguatkan peran dan fungsi MUI. ”Pertimbangannya, MUI harus dikuatkan,” kata Wakil Wali Kota Malang Sutiaji saat sarasehan Masjid sebagai Sarana Komunikasi Ulama-Umara di Hotel Trio, Rabu (23/11).
Selai itu, kata Sutiaji, juga untuk persiapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah pada tahun 2017. Biasanya akan banyak dalil dipakai untuk kepentingan kampanye. Saat itulah, MUI memegang peranan untuk menjadi penyejuk dan penengah dalam perselisihan tersebut.
Ketua MUI Kota Malang KH Muchsin Baidlowi mengatakan akan memanfaatkan hibah tersebut untuk banyak kepentingan. Di antaranya untuk peningkatan perekonomian masjid. ”Makanya sekalian sarasehan juga sosialisasi agar para takmir mengembangkan potensi perekonomian di masjid,” ujarnya.
Sementara itu, KH Muhammad Tholhah Hasan yang juga hadir dalam acara tersebut menambahkan bahwa fungsi masjid memang sudah semestinya menyentuh kehidupan umat Islam sehari-hari. Menurutnya, ada empat fungsi utama yang bisa dimanfaatkan dari masjid. Mulai dari pusat peribadatan, pusat dakwah, pusat pelayanan masyarakat, serta simbol keberagamaan. ”Keempatnya telah melekat pada masjid. Sementara yang masih perlu ditingkatkan adalah pemanfaatan masjid sebagai pusat pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan umat Islam,” kata mantan Menteri Agama ini. (iik/c1/yak)

Foto Terbaru

  • ©2016 RadarMalang

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional