RadarMalang

Inilah Sekolah yang Bersedia Tampung Siswa ABK

  • Redaktur:
  • Jumat, 17 Februari 2017 | 15:00
  • / 20 Jumadil Uula 1438
  • Dibaca : 104 kali
Inilah Sekolah yang Bersedia Tampung Siswa ABK
Ilustrasi

MALANG KOTA – Anak berkebutuhan khusus (ABK) di Kota Malang belum leluasa memilih sekolah. Sebab, tidak semua sekolah bersedia menampung siswa inklusi.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang mencatat, hingga kini hanya ada 106 sekolah negeri/swasta yang menyediakan pendidikan inklusi. Rinciannya, 20 taman kanak-kanak (TK), 67 sekolah dasar (SD), 12 SMP, dan 7 SMA/SMK. Padahal, jumlah sekolah di Kota Pendidikan ini lebih dari 500-an lembaga. Dengan demikian, masih banyak sekolah di Kota Malang yang tidak menampung siswa berkebutuhan khusus.

Padahal, disdik sudah mengimbau seluruh sekolah agar menyelenggarakan pendidikan inklusi untuk ABK. ”Sekolah tidak boleh menolak ABK. Itu dengan catatan, sesuai kemampuan layanan sekolah,” ujar Kabid Pembinaan SMP Disdik Kota Malang Siti Ratnawati, kemarin (16/2).

Menurut dia, ABK berhak mendapatkan pelayanan maksimal dalam menempuh pendidikan. Dengan semakin banyaknya sekolah yang menyediakan pendidikan inklusi, peluang ABK untuk memperoleh pendidikan makin besar. Selain itu, hal tersebut menunjukkan bahwa tidak ada diskriminasi antara siswa umum dengan ABK. ”Mereka semua (ABK), sama-sama warga yang berhak merasakan pendidikan,” imbuhnya.(kis/dan)

Foto Terbaru

  • ©2016 RadarMalang

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional