RadarMalang

Empat Pelajar SMKN 3 Batu yang Karyanya Dipakai Perusahaan Thailand

  • Redaktur:
  • Rabu, 11 Januari 2017 | 13:40
  • / 12 Rabiul Akhir 1438
  • Dibaca : 119 kali
Empat Pelajar SMKN 3 Batu yang Karyanya Dipakai Perusahaan Thailand

Promosikan Candi Songgoriti di Negeri Gajah Putih

 

Mereka masih pelajar. Tapi, karyanya sudah dipercaya sebuah perusahaan elektronik di Thailand. Apa keunggulannya?

 

ABDUL AZIZ MAHRIZAL

PAGI (10/1)itu, tiga siswa berbincang serius di lobi SMKN 3 Batu, Jalan Terusan Metro, Desa Sumberejo, Kecamatan Batu. Mereka adalah Intan Gerhana Putri Hasibuan, Dicky Ichsan Wicaksono, dan Oktaviana Wahyu Setyoningtyas.

Ketiga siswa kelas XII ini telah menuntaskan program pertukaran pelajar dengan Kanchanaphisek Technical College Mahanakorn (KTCM) di Bangkok, Thailand, dari 14 Oktober–9 Desember 2016 lalu. ”Sebenarnya, empat siswa (yang berangkat ke Thailand). Salah satunya, Avissa Cindi Tamala tidak ikut ke sini (lobi SMKN 3),” ujar Imam Hidayat, waka humas SMKN 3 Batu saat mendampingi ketiga siswanya.

Kedatangan keempat siswa ke Negeri Gajah Putih itu memang untuk pertukaran pelajar. Namun, lantaran karya empat siswa ini memuaskan, mereka di-hire P&P Electronic Technology Co., Ltd, perusahaan elektronik di Thailand. Sebanyak dua karya video dibuat para siswa ini untuk perusahaan tersebut.

Video perdana tentang produk Ibox (alat pengiriman barang nonsurat) dan video kedua tentang tutorial mengoperasikan mesin. Masing-masing video dibayar 5000 bahh atau Rp 1,8 juta (jika satu baht senilai Rp 360). ”Awalnya cuma project tugas magang. Tapi, karena owner perusahaan puas, kami diminta bikin video lagi,” kata Dicky Ichsan Wicaksono, ketua tim yang berangkat ke Thailand itu.

Setiap video digarap secara berkelompok. Masing-masing mewakili keilmuannya. Avissa bagian broadcasting, Intan dan Oktaviana Wahyu Setyoningtyas mengurus multimedia, sedang Dicky mendesain animasi. Durasi di masing-masing video hanya 35 menit. Tapi, pengerjaannya membutuhkan waktu hingga 30 hari.

”Setelah melalui beberapa revisi, Sabtu lalu (7/1) dikabari katanya sudah oke,” sambung Intan Gerhana Putri Hasibuan.

 

Sebelum berangkat mewakili sekolahnya ke Thailand, keempat siswa ini bersaing secara internal. Total ada 30 lebih siswa berebut kesempatan tersebut. Semuanya dari kelas XII. Selama di Thailand, para pelajar itu aktif menunjukkan video pendek promosi wisata di Kota Apel. Mulai dari Candi Songgoriti, Wisata Paralayang, Omah Munir, dan Taman Rekreasi Selecta. (*/c4/dan)

Foto Terbaru

  • ©2016 RadarMalang

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional